Recipe: Yummy 12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon)

12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon).

12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon) You can have 12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon) using 19 ingredients and 12 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of 12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon)

  1. You need of Bahan Prefermentasi Biga.
  2. You need 120 g of Tepung Pro Tinggi.
  3. You need 72 g of Air Bersih.
  4. Prepare 0.7 of g/3 jumput Ragi.
  5. Prepare of Bahan Roti Menyusul.
  6. Prepare 180 g of Tepung Protein Tinggi.
  7. It's 45 g of Gula Pasir.
  8. It's 15 g of Susu Bubuk.
  9. You need 1 gram of Ragi.
  10. You need 120 g of total dari 1 butir Telur + Susu Cair.
  11. Prepare 24 g of Butter.
  12. It's 4 g of Garam.
  13. It's of Bahan Isian (sesuai selera yaa).
  14. Prepare 3 sdm of Tepung Sangrai.
  15. You need 150 g of Blok Coklat.
  16. You need 2 sdm of Gula Coklat Bubuk.
  17. You need 1 sdm of Butter.
  18. It's 2 of Pisang.
  19. You need of Kacang Almond potong kasar.

12. Roti Babka Piscok (biga method. Kumpulan Tips Ngadon) instructions

  1. Campur bahan2 biga, simpan semalem di wadah tertutup..
  2. Sebelum biga selesai, siapkan isian dengan cara dicampur secara double boiler..
  3. Untuk selanjutnya; mix bahan roti lainnya, tapi butter dan garam belakangan yaa. Mix sampai kalis elastis..
  4. Gulung adonan. Trik shaping nanti yaaa. Aku juga masih ga bener sih ini. Heheee. Tapi takaran adonan rotinya top deh. Window pane yeeeey....
  5. Taruh kulkas selama 30 menit. Kempiskan dan padatkan lagi. Giling, lalu balurkan isian..
  6. Berikut kumpulan beberapa tips Mengadonnya ya: 1❗ bagusnya bahan cair dicampur jadi satu dulu, baru dimasukkan semua ke bahan lainnya yg kering. 2❗ masukkan butternya kaya sabun colek aja, colek-kucek-colek-kucek... Jadi lebih nikmat kan ngadonnya. Ini juga tadi belum saya coba. 3❗ Setelah butter tercampur semua, ulur adonan dengan cara dibanting dikit. Baru kucek lagi. Jadinya, membran gluten juga terbentuk terulur dan tidak robek.
  7. Pembentukan membran gluten adalah penentu keberhasilan adonan terbentuk kalis dan elastis. 4❗ ciri2 adonan sudah mulai jadi adalah adonan terlihat mulus ya, lama2 mengkilau. 5❗ Ternyata pembuatan adonan bisa berbeda2 loh, tergantung kondisi udara di sekitar adonan dan daya serap tepungnya, sama tergantung tangan juga kali yaaa.. 😅. Oya, kadang juga raginya saya kurangi, kemungkinan ragi di tempat saya juga ga perlu banyak2..
  8. Kalau kamu pakai mixer, ketika adonan masih belum kalis maka adonan akan:1) mudah lompat bebas ke segala arah. Nah, menyiasatinya dengan tip 6❗Tidak langsung memasukkan semua kaki mixer ke adonan, dikit2 saja. Soalnya kalau langsung, nanti adonan makin banyak yg nempel ke kaki dan otomatis makin banyak yang lompat bebas, dan berantakannn! Huft. Dan...
  9. 7❗ Mulai dari kecepatan paling rendah, baru kalau dirasa adonan sudah tidak mudah lompat bebas lagi maka lanjut ke kecepatan lebih tinggi. Selain itu, saya juga dapat tip 8❗ coba ganti posisi kaki mixernya (kalau mixer yang dua kaki), karena bisa jadi posisinya kurang pas ketika itu. Benar juga itu loh...
  10. 9❗Pakai Meja Kerja ternyata berperan penting untuk kelancaran mengadon moms. Dapur saya kan kecil, sampai dibela2in biar bisa sediakan meja kerja buat ngadon loh. Kerasa banget lebih enak umel2 adonannya. 😄. 10❗ Siapkan waktu dan power yaaa. Hehehe.
  11. 11❗Saya coba campuran pakai hand mixer dan juga dengan tangan. Tapi masih belum dapet feeling sampai terbentuk window pane, cuma ini semakin mendekati window pane. 12❗ Ternyata musti ngerti timing pas ragi di puncak aktifivitasnya ketika mengadon. Ini juga tentang feeling ya, jadi ini masalah jam terbang juga dong ✊.
  12. Referensi resep: ig icenguik.

Comments

Popular posts from this blog

Recipe: Perfect Red Velvet Cookies

How to Prepare Yummy Gabin Fla susu simpel 5 bahan TANPA TELUR (cemilan/ sarapan pagi)

Recipe: Perfect Sumpia simple cemilan Hari Raya