Easiest Way to Prepare Yummy Lupis Ketan

Lupis Ketan. Kue Lupis is one of my very favorite childhood snacks. This popular triangle-shape sticky rice dumplings is popular in Indonesia, Malaysia, and Singapore. They are usually coated with grated.

Lupis Ketan Lupis terbuat dari ketan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Lupis biasanya disajikan bersama cenil, klepon, dan jajanan pasar lain dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. Hai hai, gw balik lagi nih. You can have Lupis Ketan using 13 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Lupis Ketan

  1. Prepare 500 gr of Beras Ketan.
  2. It's 1 sdt of garam.
  3. It's 250 gr of kelapa parut.
  4. You need of Daun pisang utk membungkus nya.
  5. You need of Pasta pandan (boleh skip).
  6. You need of ---------------------------------------------.
  7. It's of Kuahnya:.
  8. It's 250 gr of gula merah/gula aren.
  9. You need 1 sdm of tepung maizena.
  10. You need 2 sdt of gula pasir.
  11. It's 1/4 sdt of garam.
  12. It's 1 lbr of daun pandan.
  13. It's 500 ml of air.

Resep cara membuat lupis ketan, adalah salah satu cemilan khas betawi yang populer. Resep cara membuat lupis ketan, cemilan untuk ganjal perut dengan rasa netral bercampur manis yang enak. Bagi masyarakat Jawa, kue lupis yang berbahan dasar ketan dan lengket jika sudah matang di balik bungkus pisang ini memiliki Sama seperti sifat lengket beras ketan jika sudah matang, hal ini juga. Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bal.

Lupis Ketan step by step

  1. Bismillah, cuci bersih beras ketan, lalu rendam terlebih dahulu selama lebih kurang 4 jam, jika ingin hijau nya cantik.. teteskan sedikit pasta pandan. Setelah di rendam bbrp jam kemudian tiriskan.
  2. Sangrai daun pisang di atas api kecil agar daun pisangnya layu dan tidak mudah sobek saat di bentuk. Setelah daun pisang di sangrai, bentuklah daun seperti kerucut, lalu masukkan sekitar 2 sdm beras ketan ke dalamnya...
  3. Lipat dan tutup daun pisang berbentuk kerucut/segitiga menggunakan tusuk gigi...
  4. Rebus lupis di air secukupnya sampai lupis terendam seluruhnya, saya menggunakan metode hemat gas. Masak lupis hingga air mendidih, setelah 7 menit mendidih matikan api kompor namun tutup kukusan jgn di buka hingga 30 menit kedepan. Setelah 30 menit maka hidupkan api kompor kembali hingga mendidih, setelah 5 menit sejak mendidih, matikan api kompor dan jgn buka kukusan lg selama 20 menit, insyaallah lupis matang dgn baik...
  5. Buat kuahnya : rebus air 500 ml bersama gula merah, gula pasir dan garam. Masukkan jg daun pandan, lalu rebus hingga gula larut dan mendidih. Kemudian masukkan larutan tepung maizena yg sudah di larutkan terlebih dahulu dgn 2 sdm air agar kuah lupis sedikit kental. Lalu biarkan larutan kuahnya mendidih dan meletup-letup.
  6. Kukus kelapa parut yg di campur garam agar kelapa parut tidak mudah basi. Hidangkan lupis bersama kelapa parut dan siram kuah gula merahnya, MasyaaAllah ini tuh enaaakkk legiit dan yummy.., selamat mencoba Moms...

Selain terkenal akan Ayam betutu dan sate lilit-nya, Bali juga memiliki beragam jenis kue tradisional yang biasa disebut dengan istilah Jaje Bali. Resep Cara Membuat Lupis Ketan - Lupis ketan juga bisa dibuat sebagai takjil untuk berbuk puasa, dengan rasa kuahnya yang manis dan daging beras ketannya yang lembut membuat. Makanan tradisional yang lembut dengan kuah gula merah yang manis ditambah taburan parutan kelapa yang menambah gurihnya jajanan tradisional ini. Untuk menyajikan lupis ketan kukus biasanya dilengkapi dengan siraman saus gula merah. Resep Kue Lupis Ketan Betawi Sederhana Spesial Asli Enak.

Comments

Popular posts from this blog

Recipe: Perfect Red Velvet Cookies

How to Prepare Yummy Gabin Fla susu simpel 5 bahan TANPA TELUR (cemilan/ sarapan pagi)

Recipe: Perfect Sumpia simple cemilan Hari Raya